Selamat Datang di Blog Tabloid Komunitas "Padma News", perumahan Graha Padma - Semarang

Blog ini merupakan versi online dari tabloid "Padma News". Semua artikel, gambar dan foto diambil dari versi cetak. Harapan kami, setelah membaca blog ini semoga dapat menginspirasi anda untuk datang berkunjung ke lokasi perumahan kami, "Graha Padma". Sebuah mutiara di Semarang Barat, Jawa Tengah.
Hanya 5 menit dari Bandara Ahmad Yani, 20 menit ke pusat kota, 15 menit ke pintu tol Jerakah.

Konon, tinggal di Semarang bawah selalu diberi stigma 'daerah banjir' dan gersang. Mari datang dan buktikan dengan apa yang telah kami lakukan untuk mengantisipasinya :))

Kawasan permukiman ini dirancang secara profesional dengan menjaga keselarasan rumah tinggal, ruang publik (jalan, taman dll) dan lingkungan alam sekitar.

Sugeng Rawuh di Semarang, jantung Jawa Tengah.

Kamis, 14 Juli 2011

2.767 Trembesi Hijaukan Semarang - Kudus

Iwan Fals berpartisipasi dalam 'Djarum Trees for Life' (Sumber Foto : www.djarum.com)

Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo ikut menanam pohon Trembesi ( Sumber Foto : www.djarum.com)


Sebagai bagian dari program CSR (Corporate Social Responsibility) PT Djarum memfokuskan pada kepedulian terhadap lingkungan hidup. Dengan program bertajuk “Djarum Bakti Lingkungan” yang telah digelar sejak tahun 1979. Program yang dirintis dari Kota Kudus tersebut telah meluas ke berbagai kota dengan jumlah tanaman lebih dari satu juta bibit tanaman.

Dengan komitmen inilah, Djarum Bakti Lingkungan terus berusaha menanam pohon dan berperan meningkatkan kualitas hidup masyarakat,” ujar Thomas Budi Santoso, Direktur PT Djarum. Melalui Djarum Trees for Life, dia juga berharap 2.767 pohon trembesi dewasa dapat menyerap CO2 sebanyak 78.826.296 kg per tahun untuk mengurangi efek pemanasan global.

Pohon trembesi dipilih karena menurut Dr. Ir. H. Endes N. Dahlan, dosen Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor, mampu mengatasi efek pemanasan global karena memiliki daya serap gas CO2 yang sangat tinggi. Satu batang pohon trembesi mampu menyerap 28,5 ton gas CO2 setiap tahunnya (dengan diameter tajuk 15 meter). Selain itu trembesi yang sangat teduh (mempunyai bentangan hingga 30 meter) dan dapat hidup selama 100 tahun mampu menurunkan konsentrasi gas secara efektif sehingga bisa menurunkan suhu sebesar 3 sampai 4 derajad Celsius, menjadi tanaman penghijauan yang bagus karena akarnya yang kokoh sehingga tidak mudah tumbang, mempunyai kemampuan kuat menyerap air tanah, serta unggul dalam karbondioksida.

Penanaman trembesi di sepanjang turus jalan Semarang Demak dan semangat pelestarian lingkungan Djarum Trees for Life telah meluas dan didukung oleh seluruh lapisan masyarakat. Mulai dari para pejabat penting seperti Gubernur Jateng H. Bibit Waluyo, Kapolda Jateng saat itu Irjen (Pol) Alex Bambang Riatmodjo, dan Bupati Demak Drs. H. Tafta Zani, MM; para artis ibukota seperti Iwan Fals, Nidji, Nugie, Luna Maya; juara Olimpiade 2004 Alan Budikusuma, Susi Susanti dan Haryanto Arbi; kalangan LSM serta 400 karyawan PT Djarum.

Selain melakukan penanaman pohon, mereka juga mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga kelestarian lingkungan seperti membuang sampah pada tempatnya, menjaga lingkungan rumah tetap bersih dan menanam pohon di lahan kosong.

Seluruh ajakan masyarakat ini sejalan dengan semangat Djarum Trees for Life yang ingin melestarikan lingkungan hidup yang berkualitas. Penanaman pohon merupakan langkah awal yang dapat dilakukan setiap orang untuk membantu mengatasi masalah pemanasan global pelestarian lingkungan. Program Djarum Trees for life akan terus dilanjutkan dan meluas ke daerah lain. PT Djarum tidak akan pernah berhenti menjaga komitmen ini, demi terwujudnya negeri nyaman lestari, serta kualitas hidup yang lebih baik untuk anak cucu nanti.


*Disarikan dari advertorial di harian Suara Merdeka, 5 Juni 2010 / Padma News

Tidak ada komentar:

Posting Komentar