Selamat Datang di Blog Tabloid Komunitas "Padma News", perumahan Graha Padma - Semarang

Blog ini merupakan versi online dari tabloid "Padma News". Semua artikel, gambar dan foto diambil dari versi cetak. Harapan kami, setelah membaca blog ini semoga dapat menginspirasi anda untuk datang berkunjung ke lokasi perumahan kami, "Graha Padma". Sebuah mutiara di Semarang Barat, Jawa Tengah.
Hanya 5 menit dari Bandara Ahmad Yani, 20 menit ke pusat kota, 15 menit ke pintu tol Jerakah.

Konon, tinggal di Semarang bawah selalu diberi stigma 'daerah banjir' dan gersang. Mari datang dan buktikan dengan apa yang telah kami lakukan untuk mengantisipasinya :))

Kawasan permukiman ini dirancang secara profesional dengan menjaga keselarasan rumah tinggal, ruang publik (jalan, taman dll) dan lingkungan alam sekitar.

Sugeng Rawuh di Semarang, jantung Jawa Tengah.

Selasa, 25 Oktober 2011

AKUPUNKTUR Pengobatan Tradisional yang Modern

AKUPUNKTUR atau tusuk jarum? Kita pasti sudah mengetahui dan barangkali pernah mencobanya. Metode pengobatan dari Cina ini makin popular setelah kalangan medis barat juga menerima praktek akupunktur dengan membuka klinik-klinik akupunktur.

Terapi akupunktur tidak menimbulkan efek samping sistemik karena pemberian terapi hanya bersifat lokal, dan yang menjadi konsentrasi penusukan adalah “meridian”. Penusukan dilakukan untuk melancarkan aliran energi di daerah meridian yang bermasalah.

Di Eropa, akupunktur kerap dilakukan sebagai terapi untuk mengatasi nyeri, terapi musculoskeletal, yaitu terapi yang berkaitan dengan tulang dan otot, juga terapi untuk mengatasi masalah pencernaan seperti mual-muntah. Sedangkan di Negara asalnya, Cina, pada beberapa kasus akupunktur sudah menjadi terapi tunggal. Misalnya sebagai tindakan preventif dan terapi mengatasi rasa nyeri. Bahkan, anestesi lokal hanya menggunakan akupunktur!

Akupunktur berasal dari kata Latin, acus dan pungere. Acus artinya jarum, pungere berarti menusuk. Sehingga akupunktur dapat didefinisikan sebagai jenis pengobatan dengan teknik menusukkan jarum pada titik tertentu di badan atau kerap disebut sebagai accupuncture point.

Sejarah membuktikan bahwa bangsa Cina merupakan bangsa pertama di dunia yang menulis sejarah pengobatan akupunktur. Hal ini terbukti dengan kitab lengkap yang berjudul “Huang ti the Yellow Emperor Canon of Medicine” yang dibuat tahun 2000 SM. Kitab tersebut berisi tentang kumpulan diagnosis penyakit beserta cara pengobatan baik herbal, ramuan obat Cina, maupun dengan menggunakan metode akupunktur atau tusuk jarum.

Dulu, masyarakat Cina kuno menggunakan batu tajam, kayu, buluh sebagai alat untuk menekan atau menusuk bagian-bagian tubuh yang sakit, atau yang disebut dengan accupuncture point. Tetapi kini alat-alat tersebut diganti dengan cara yang lebih modern, yaitu dengan menggunakan jarum-jarum halus yang telah disterilkan. Jarum-jarum tersebut dibuat dari pelbagai bahan logam seperti perak, tembaga dan emas. Sehingga terdapat istilah jarum perak, jarum tembaga dan jarum emas.

Pada jarum-jarum tersebut terdapat aliran magnetik, sehingga kita akan merasa seperti berdenyut-denyut, kebas, berat dan bengkak apabila jarum-jarum tersebut ditusuk pada suatu titik akupunktur di badan. Rasa yang kita alami ini dikenal sebagai “deqi” , yaitu rasa seperti aliran listrik yang mengalir pada meridian tubuh kita. Dalam hal ini, semua rasa sakit dikeluarkan melalui aliran Qi yang seterusnya memberi kelegaan dan menyembuhkan penyakit.

Titik Akupunktur

Dalam ilmu akupunktur, disebutkan bahwa dalam tubuh manusia terdapat 365 titik akupunktur utama dan 1000 titik akupunktur istimewa. Titik akupunktur utama adalah titik akupunktur yang dekat dengan daerah tubuh yang sakit. Sedangkan yang dimaksud titik akupunktur istimewa adalah apabila terdapat penyakit pada organ badan kita, maka akan menimbulkan rasa sakit dan bengkak di tempat yang jauh dari organ yang sakit tersebut. Sebagai contoh, sakit pada lambung, bisa menyebabkan rasa nyeri di ujung bahu.

Terdapat pula 12 meridian dalam tubuh. Meridian adalah kumpulan titik-titik akupunktur yang berbentuk garis beraturan. Ke-12 meridian tersebut adalah meridian paru-paru, usus besar, perut, limfa, jantung, usus kecil, kandung kemih, ginjal, empedu, hati. Jumlah accupuncture point pada tiap-tiap meridian berbeda satu sama lain.

Di dalam akupunktur modern saat ini, terdapat pelbagai teknik yang dipakai oleh ahli-ahlinya. Secara keseluruhan terdapat lebih dari 11 bentuk akupunktur modern. Di antaranya adalah, akupunktur klasik, dimana kebiasaannya menggunakan jarum-jarum halus sebagai mediator. Akupunktur elektrik , adalah jenis akupunktur yang menggunakan stimulator elektrik voltage rendah supaya tidak membahayakan pasien. Ada juga akupunktur elektronik yang menggunakan alat-alat elektronik kecil.

Selain itu, ada juga jenis akupunktur yang disebut dengan akupunktur bekam darah. Jenis akupunktur ini menggunakan acu bekam untuk mengeluarkan darah kotor dari badan kita. Sedangkan yang disebut dengan akupunktur moksibusi adalah akupunktur dengan cara menghangatkan titik-titik tertentu yang biasa disebut dengan titik akupunktur.

Akupunktur urut yang meliputi pelepasan tekanan, pijatan dan reiki. Akupunktur hemopathy, akupunktur mata, akupunktur telinga, akupunktur kepala dan masih banyak lagi jenis akupunktur modern.

Berbicara mengenai macam penyakit yang dapat disembuhkan lewat terapi akupunktur, maka pengobatannya dibagi menjadi 2 golongan besar. Yaitu, terapi akupunktur penyakit, dan terapi akupunktur kecantikan.

Terapi akupunktur penyakit dibagi lagi menjadi 8 golongan. Yaitu golongan penyakit seluruh badan, golongan penyakit di daerah kepala dan wajah, golongan penyakit di daerah dada dan perut, golongan penyakit di anggota gerak tubuh, golongan penyakit di daerah organ tubuh, golongan penyakit di sekitar sendi-otot-tulang, golongan penyakit kewanitaan, infertilitas, dan golongan penyakit anak.

Dalam ilmu akupunktur dikatakan bahwa penyakit timbul karena tersendatnya aliran darah. Lemahnya stamina disebabkan oleh ketidakseimbangan energi tubuh. Akupunktur merupakan salah satu solusi terbaik karena tehnik pengobatannya berdasar pada sebaran titik-titik energi pada tubuh.

Dan untuk kita semua warga perumahan Graha Padma tercinta, sekarang telah hadir klinik akupuntur di Graha Padma Blok A3 No 6, cluster Taman Magnolia. Dengan ahli akupunktur lulusan dari Beijing University of Traditional Chinese Medicine yang bernama lengkap Tjoe Djin Sia. Dengan demikian warga perumahan Graha Padma dapat menjalankan terapi akupunktur dengan mudah, praktis dan murah. Selamat mencoba. (*)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar