Selamat Datang di Blog Tabloid Komunitas "Padma News", perumahan Graha Padma - Semarang

Blog ini merupakan versi online dari tabloid "Padma News". Semua artikel, gambar dan foto diambil dari versi cetak. Harapan kami, setelah membaca blog ini semoga dapat menginspirasi anda untuk datang berkunjung ke lokasi perumahan kami, "Graha Padma". Sebuah mutiara di Semarang Barat, Jawa Tengah.
Hanya 5 menit dari Bandara Ahmad Yani, 20 menit ke pusat kota, 15 menit ke pintu tol Jerakah.

Konon, tinggal di Semarang bawah selalu diberi stigma 'daerah banjir' dan gersang. Mari datang dan buktikan dengan apa yang telah kami lakukan untuk mengantisipasinya :))

Kawasan permukiman ini dirancang secara profesional dengan menjaga keselarasan rumah tinggal, ruang publik (jalan, taman dll) dan lingkungan alam sekitar.

Sugeng Rawuh di Semarang, jantung Jawa Tengah.

Selasa, 25 Oktober 2011

Senam Massal di Graha Padma HUT Ke-5 Senam Tera Indonesia Sasana Krapyak

Tak dapat dipungkiri, bahwa untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas diri, olahraga merupakan sarana yang efektif. Melalui olahraga inilah manusia memilik inilai-nilai luhur yang berlaku dan telah teruji. Misalnya sportivitas, persahabatan, jujur, disiplin, etika dan moral.

Nilai-nilai inilah yang sebenarnya bila dikelola dengan benar akan tumbuh di lingkungan masyarakat kita. Dan diyakini olehraga dapat menstimulasi hal-hal baik yang terdapat pada diri seseorang.

Oleh karena itu Senam Tera Indonesia Sasana Krapyak bekerja sama dengan SenamTera Indonesia Cabang Kota Semarang dan Federasi Olah Raga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) Kota Semarang, menyelenggarakan senam massal dengan mengikutsertakan seluruh peserta olahraga masyarakat se-Kota Semarang.

Menurut Ketua Panitia H Gegerman Kuntoaji, kegiatan senam missal atas kesepakatan tigaorganisasi di atas berkaitan juga dengan HUT Ke-5 SenamTera Indonesia SasanaKrapyak. ''Selain itu juga dalam rangka mensukseskan Kebangkitan Kebugaran Jasmani Tahun 2011,'' katanya. Acara tersebut dilangsungkan pada hari Minggu 27 Maret 2011 di lingkungan Perumahan GrahaPadma Jalan Hanoman Raya Kecamatan Semarang Barat.

Dijelaskan oleh Gegerman, senam missal ini bertujuan untuk menggalang dan memupuk kebersamaan dan kerukunan warga masyarakat. Selain itu, dengan berolahraga bias menumbuhkembangkan kesadaran dan kepedulian hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. '' Di samping juga menyebarluaskan olahraga masyarakat ke pelosok dan ke segenap lapisan masyarakat, khususnya warga Kota Semarang,'' tuturnya.

Peserta senam missal ini sekitar 1.100 orang meliputi dari Senam Jantung Sehat Kota Semarang sebanyak 50 orang, Senam Tera Indonesia Kota Semarang (400), Senam Sehat Indonesia Kota Semarang (100), Senam PORPI Kota Semarang (100), Senam Lansia Kota Semarang (100), Senam Asma Kota Semarang (50), Senam Diabetes Kota Semarang (75), SenamBugar Kota Semarang (50), Senam Osteoporosis Kota Semarang (50), Senam Kebugaran Kota Semarang (50), dan pengurus FORMI Kota Semarang (25).

SenamTera

Pada bagian lain dijelaskannya, olahraga SenamTera Indonesia adalah olahraga pernafasan yang dipadu dengan olah gerak. Senam ini diadopsi dari senam Tai Chi yang berasal dari Negeri China. Tera dari kata terapi yang berarti bahwa olahraga yang berfungsi sebagai terapi (penyembuhan).

Filosofi Senam Tera Indonesia (STI) adalah S(ehat) T(enteram) I (ndah).


Definisi Sehat menurut WHO yaitu :

Pertama : Sehat Fisik ( Jasmani ) ……… SEHAT

Kedua : Sehat Psikis ( Jiwa ) ……… TENTERAM

Ketiga : Sehat Sosial ( Lingkungan ) …… INDAH


Sehat Fisik secara sederhana kondisi jasmaniseseorang terbebas dari penyakit, Sehat Psikis dimaksud jiwa kita bebas dari kelainan dan kelemahan yang berbahaya. Sehat Sosial bermakna kita dapat beradaptasi dengan lingkungannya baik dengan masyarakat dan alam sekitarnya.


Seperti dijelaskan di atas bahwa SenamTera Indonesia adalah mengadopsi senam Tai Chi oleh karena itu gerakan / jurus Senam Tera Indonesia lembut dan rileks. Prinsip-prinsip gerakan yang mendasari Senam Indonesia adalah :

· Gerak Ringan dan lentur

· Gerak Lambat

· Gerak Melingkar

· Gerak yang Ajek

· Gerak Tidak Terputus

Sedangkan tata urut geraknya meliput igerak peregangan, kemudian gerak persendian, dan pernafasan. (*)

3 komentar:

  1. waaaah menarik gan artikelnya gan... hmmm ngomong ada yg tau gk tempat jual baju senam murah ...??? ane tunggu yaa infonya gan :)

    BalasHapus
  2. waah kereen bgt tuh acarny :)
    btw msih sring diadain ga ni acarany mpe skrg n mau tany ni klo toko baju senam di semarang dmna yah ?
    mkasih salam sukses

    BalasHapus
  3. sebenarnya senam tera ini sudah ada mualai tahun berapa ya...
    dan kalau untuk info grosir baju senam yang berkualitas dan murah ada yang tau gak...
    mohon infonya ya..

    BalasHapus